Selasa, 21 September 2010

Bersaing vs Membangun Diri

Persaingan adalah hal biasa dan akan ditemukan dibidang usaha apapun bila ada pihak yang bergerak dibidang yang sama. Berbahayakah persaingan?

Sebagian orang berfikir persaingan itu mengancam dan bisa mematikan karenanya mereka berulah curang. Sebagian orang lagi berfikir persaingan itu tantangan, karenanya dia fokus menyiapkan diri untuk bertarung.

Bila kita fokus dalam persaingan maka waktu kita habis memikirkan cara - cara bagaimana memenangkan persaingan.Padahal tujuan inti dari usaha kita bukan memenangkan persaingan, itu hanyalah side effect saja.

Beberapa waktu yang lalu ketika masih bekerja di sebuah perusahaan, saya meeting bersama general manager. Saat itu yang dibahas adalah tentang eksistensi produk kami.

Kami tahu bahwa dipasaran produk sejenis benar - benar sudah menggila jumlahnya, tentu persaingan sangat ketat. Namun apa yang kami lakukan untuk memenangkan persaingan pasar?

General manager kami hanya mengatakan, "kita tidak perlu memikirkan apapun tentang pesaing ! Sama sekali tidak perlu mematikan pesaing ! Semua produk punya hak untuk hidup !

yang harus kita fokuskan adalah bagaimana kita membangun diri terus menerus. Adapun jika side effeknya mematikan produk pesaing, itu bukan tujuan kita. Jadi langkah kita tidak salah dan tidak kotor, kita fokus dalam kualitas." Begitulah dia bicara saat meeting waktu itu.

Saya jadi terinspirasi, mungkin tidak jauh berbeda dengan bisnis online, fokus kita hanyalah bagaimana kita membangun bisnis kita terus menerus dan tidak terjebak pada hal yang sebenarnya bukan tujuan sama sekali.

0 comments:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini