Rabu, 11 Agustus 2010

Bulan Puasa di 2010

Alhamdulillah Allah swt masih memberikan kesempatan untuk berbuat baik dan mendulang amal kebaikan kepada kita di bulan suci ini.

Sudah setahun yang lalu bulan puasa berlalu dan sekarang bertemu lagi dengan suasana berbeda. Berbeda keadaan alam, berbeda suasana hati, berbeda pola pikir, berbeda cara bertindak, berbeda cara menyikapi kejadian - kejadian yang di perlihatkan.

Bila direnungkan, mulai dari bulan kemarin dan mundur sebulan demi sebulan kebelakang, kita runut minggu ke minggu, hari ke hari dan kita bertafakur mengenai jam - jam yang berlalu meninggalkan diri kita dan hanya menggoreskan cerita.

Mungkin kita akan terperanjat memandang diri kita dimasa dari masa sekarang, dan mencoba memandang diri kita sekarang ini dari masa lalu. Ada banyak sekali yang perlu dibenahi, sikap, perbuatan, niat dan cara - cara kita dalam menjalani hidup lebih di dominasi nafsu belaka. Beruntunglah bagi mereka yang ternyata dari catatan masa lalu hingga sekarang telah terjadi perbaikan - perbaikan diri.

Mungkin kita telah melewati masa - masa sulit, ditimpa bencana, kehilangan sesuatu yang kita cintai, seseorang yang kita sayangi. Apakah pada saat itu kita menggunakan sikap dan cara - cara yang benar dalam menghadapinya? Saya kira tidak perlu dijawab, hati kita tidak akan bohong pada diri sendiri.

Orang tua yang telah membesarkan kita lebih sering kita sakiti ketimbang kita berusaha berbakti secara tulus, kita sering membentaknya karena permasalahan sepele yang tidak 'sealiran' dengan keinginan diri kita.

Ada banyak orang yang telah kita lupakan, mereka yang telah banyak menjadi jalan hingga kita berhasil melewati masa - masa sulit. Benarkah ? Kita lebih sering disibukan dengan mengingat kesalahan orang yang padahal belum tentu buruk buat kita.
Bukankah sikap orang kepada kita adalah informasi yang sangat berharga bagi kita?
Bukankah tindakan orang kepada kita adalah pelajaran yang nyata bagi kita?

Tidak ada yang bahaya tanpa seizin-Nya.

Bulan puasa ini mudah - mudahan melahirkan spirit untuk menjadi lebih baik dalam segala hal. Jangan lupakan orang - orang terdekat kita yang telah banyak membantu kita, ibu bapak kita, kakak, adik, saudara kita, guru, tetangga dan sahabat terpercaya kita. Kita sering lupa dalam doa - doa kita, kita acuh saja dengan segudang keinginan kita padahal saling mendoakan adalah pekerjaan yang tidak sia - sia.

Marilah kita saling mendoakan agar kebaikan Allah datangkan kepada kita semua dan hati kita dibukakan untuk bisa melihat pertolongan-Nya dan kita semua dihindarkan dari perbuatan hina. Amin.

Selamat berpuasa semoga amal kita diterima dan dosa kita dihapuskan.
Ada kesalahan di dalam gadget ini