Senin, 27 September 2010

Bermain di Blue Ocean Strategy

Bila kita perhatikan 'Bisnis Online' yang marak dilakukan oleh pemain lokal, kebanyakan mereka memiliki kemiripan bahkan nyaris sama.

Coba perhatikan bisnis affiliasi yang menjual e-book bisnis. Semua beramai - ramai menawarkan cara bisnis yang jitu dan cepat menghasilkan.

Diantara bisnis affiliasi ini benar - benar banyak yang sama dan akhirnya persaingan terjadi semakin ketat. Bahkan ada yang menjual produknya dengan harga sangat murah, padahal yang lain menjualnya dengan mahal.

Keadaan itu ternyata melahirkan sebuah keadaan yang bisa disebut red ocean. Merebut pasar di dunia yang penuh persaingan. Bila kita tidak bisa berkompetisi mungkin kita akan tersungkur terkulai kalah dengan pesaing.

Saya ingat cerita seorang General Manager saat saya masih bekerja di sebuah perusahaan. Beliau mengatakan 'Kita ini sedang memainkan Blue Ocean Strategy. Semua yang ada di sekitar kita adalah pasar kita dan pesaingnya tidak ada. Di sana hanya ada satu pemain yaitu kita'. Kita menciptakan pasar sendiri!'

Mungkin hal di atas bisa menginspirasi bagaimana strategy kita menjalankan bisnis online yang semakin hari semakin banyak saja pemain online di jagad maya ini.

Punya inspirasi? Silahkan komentar !


Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make Competition Irrelevant

1 comments:

zein mengatakan...

bikin pasar sendiri itu gak gampang kyknya ya..dan krn keseringan kita pake ATM (amati tiru dan modifikasi), jd semuanya hampir sama jenis bisnisnya, beda2 tipis..nice artikel bro..

Posting Komentar