Jumat, 04 Juni 2010

Tegakah Anda Menggunakan Software Bajakan Untuk Bisnis? Pakai Saja Linux !

Antara anda saya dan mereka tentu saja banyak perbedaan baik dari segi kemampuan ilmu, wawasan, serta kemampuan financial. Perbedaan - perbedaan ini bisa mempengaruhi keputusan dalam menggunakan cara - cara tertentu dalam berbisnis.

Bisnis kadang memerlukan modal bahkan sepertinya suatu keharusan untuk berinvestasi. Bisnis online adalah bisnis yang sangat dekat dengan peralatan komputer meskipun seseorang bisa berbisnis online tanpa menyentuh sedikitpun tentang komputer.

Sekarang anda akan saya ajak untuk mengamati bisnis yang berkatitan dekat dengan pemakaian komputer, dan bisnis ini dijumpai dekat rumah kita. Apa coba ? Warnet.

Saya tidak bermaksud menjeneralisir, tapi tolong anda perhatikan sistem operasi apa yang mereka pakai untuk menghasilkan uang? Saya bisa pastikan jawabannya adalah Microsoft Windows XP. Silahkan survey sendiri. Dan yang menghawatirkan adalah sistem operasi yang mereka pakai adalah non genuine alias bajakan.

Sekarang coba perhatikan anda sendiri, bila anda merencanakan bisnis online tentu anda akan berhubungan terus dengan komputer. Membuat artikel, mengelola website, berkomunikasi dengan orang lain. Atau jika anda seorang developer atau desainer tentu anda tidak terlepas dari penggunaan software. Coba anda perhatikan baik-baik, legalkah software yang anda pakai? Jika ya anda tak perlu khawatir, yang perlu gelisah itu jika software yang anda pakai itu bajakan. Kenapa gelisah? Ya karena anda menghasilkan sesuatu produk yang bisa dijual (menghasilkan uang) dari sesuatu yang bukan hak anda. Lalu apa hukumnya?

Untuk yang pas-pasan seperti saya, saya tidak memiliki pilihan lain kecuali hijrah dengan sekuat tenaga untuk memanfaatkan software yang benar - benar free. Saya berprinsip 'sekali menggunakan sistem operasi komersil maka softwarenya pun kebanyakan akan memakai software komersil'dan ujung - ujungnya memakai software bajakan karena tak terbeli. 

Saya merekomendasikan untuk menggunakan Ubuntu Linux sebagai sistem operasi komputer anda. Ubuntu sudah sangat lengkap, anda mau belajar web site, networking, desain graphic, membuat e-book, programming, multimedia production dan sebagainya ada semua. Saya kira Ubuntu itu more than enough untuk sesuatu yang tak berbayar sedikitpun. Untuk mendaptkannya saja anda bisa memperoleh CD gratis dari http://shipit.ubuntu.com atau anda bisa membeli CD/DVD nya dengan harga murah.

Selamat berhijrah !






9 comments:

ananda mengatakan...

betul setuju banget ...

Jamal mengatakan...

Saya udah dapet CD ubuntu gratis dari canonical ... mantep banget

asyik_man mengatakan...

wah betul tuh, OS warnet banyak yang pake W.....s yang non genuine, aku susah nyari yang pake linux..:-(

Anonim mengatakan...

kalo kepepet gimana? lagian orang2 udah biasa pake window, susah kalo pindah ke linux ....

azzam mengatakan...

@anonim, ga ada istilah kepepet kalo mau. Ngenet itu enakan pake linux

wan mengatakan...

ah saya mah ... dari jaman mandrake 9.10 udah pake linux sampe skarang ... nyaman2 aja skrng jadi pengguna ubuntu ... PUAS BANGET , BEDA BANGET!!!

wan mengatakan...

Saya mau komen, bener banget kalo yang diposting diatas tuh ... SEKALI PAKE OS KOMERSIL, PELUANG MENJADI PEMBAJAK SOFTWARE TERBUKA LEBAR BAHKAN MENJADI PEMBAJAK TERJADI ATAS DASAR KETERPAKSAAN ...

reza mengatakan...

ijin share gan.,.
bagus banget isinya.,.

Founder mengatakan...

@reza : silahkan, dengan senang hati ...

Posting Komentar