Sabtu, 10 April 2010

Ilmu Adalah Jalan Yang Menolong

Pantasnya, sebelum memulai sesuatu kita harus tahu terlebih dahulu. Pengetahuan itu penting seperti pentingnya peta perjalanan menuju tempat yang ingin dituju. Tanpa pengetahuan kata - kata seorang guru itu kosong, tanpa pengetahuan kata - kata orang tua itu hampa, tanpa pengetahuan petuah - petuah bijak itu susah dipercaya apalagi yang berbicara itu belum pernah mempraktekannya.

Ilmu itu adalah jalan yang menuntun ke arah yang seharusnya. Bila kita menginginkan pergi ke Jakarta tentu kita harus tahu tentang Jakarta, jalan ke Jakarta, cara menuju ke Jakarta dan mau apa ke Jakarta. Selain itu persiapan apa yang diperlukan agar segala hambatan dan kendala bisa teratasi.

Sama halnya dengan bisnis di internet. Mau apa menjalankan bisnis internet, kenapa harus internet, seberapa potensialkah bisnis di internet itu, apakah hukum berbisnis di internet, lalu bagai mana cara memulainya. Siapa yang patut dijadikan guru agar bisa membimbing bisnis online ini. Saya sempat berfikir ribuan kali untuk memutuskan jenis bisnis apa diinternet yang memberikan penghasilan dari internet dengan cara legal dan tentunya halal.

Maka hati - hati dan tidak tergesa - gesa itu penting, untuk memahami bisnis yang ditawarkan di internet. Jelas sudah bahwa ilmu itu penting sebelum memulai. Mulailah dengan niat yang baik, saya telah memposting tentang hal ini, carilah ilmu yang benar, kerjakan dengan cara yang jujur dan tidak curang, biarkan hasilnya menghampiri kita dengan suka rela tanpa kita minta.

Saya masih teringat kata - kata guru saya ketika beliau membacakan hadist “Khairunnas anfa’uhum linnas” “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaat bagi orang lain.”

1 comments:

ikhwan mengatakan...

saya setuju sekali ...

Posting Komentar